Tes Masuk PCS OJK 2013/2014 (part II) -reposted

Proses selanjutnya, pemberkasan.

Day I: proses pemberkasan, proses ini mengkroscek keaslian dokumen kita dan beberapa persyaratan lainnya. Spesial dokumen yang menjadi kendala dari teman-teman dan diberi waktu lebih untuk mengumpulkan adalah surat lolos butuh. Awalnya saya juga kurang paham. Ternyata maksudnya surat keterangan dari kantor sebelumnya yang menerangkan bahwa kita tidak lagi terikat hubungan kerja. Format penulisannya pun bervariasi menurut perusahaan masing-masing. Hiks! tidak sedikit teman-teman mundur dari penerimaan akibat tidak berhasil mendapatkan surat tsb, terutama bagi mereka yang berstatus Pegawai Negeri Sipil. Jujur, memang sedikit agak gambling karena pengumuman OJK terhitung mundur sekali dari jadwal, jadi ya H2C Harap-harap cemas gitu deh… Tips: datanglah sangat awal untuk mendapatkan nomer antrian. Saya datang nebeng kakak jam 08:00 baru dapat giliran tepat beberapa menit sebelum adzan Magrib. Oh mamen, mati gaya super menunggu.

Day II: job offering

Pada hari tsb kita dikumpulkan untuk melakukan penandatanganan kontrak Pendidikan Calon Staf OJK. Diberi waktu yang cukup panjang untuk memahami kontrak dan juga dibimbing oleh tim SDM. Credit to Ibu Danish deh yang mendampingi kami dari awal ujian tertulis hingga pemberkasan. Tips: bawa materai lebih untuk cadangan atau membantu kawan kesusahan. (HAHAHA buka lapak materai, lumayanlah kemarin).

Day III: acara protokoler

Jeda waktu antara pemberkasan dan acara protokoler lumayan lama, so bagi teman-teman yang tidak tinggal di Jakarta menjadi agak repot bolak-balik. Belum lagi persiapan hunting kost di dekat tempat belajar, LPPI, Jl. Kemang Raya. Bersabarlah, nanti ada gantinya kebahagiaaan luar biasa. Trust me.

Acara protokoler ini dimulai dari gladi bersih H-1, yaitu informasi dari tim DPSM (ceritanya, sudah dialihkan dari tim DSDM ke Pengembangan SDM). Kejutan 489 orang diterima sebagai calon staf OJK. Uwih kebayang itu kelas besaaaar sekali. Eniwei acara tsb berupa GB untuk upacara resmi (latiaaaaan pose foto bareng Dewan Komisioner OJK) dan hari H peresmian pembukaan masa PCS OJK I Tahun 2014 oleh Bp. Muliaman Hadad, Ketua DK OJK.

Artinya, awal dimana saya dan teman-teman hijrah ke Kemang untuk klasikal di LPPI, Kemang dan sudah pasti kost di Kemang Utara ini. Perjalanan hingga akhir tahun pun resmi DIMULAI (Februari, 2014). 

20140217_084524

Protokoler Peresmian Program PCS I OJK Tahun 2014

Advertisements

11 thoughts on “Tes Masuk PCS OJK 2013/2014 (part II) -reposted

  1. Maav mbak, saya mau bertanya. Tahun 2013 kmaren yg lolos 489 itu khusus utk yg lolos d wilayah kota tempat tinggal mbak saja, atau sudah se-Indonesia ya?

    • Haloha Ucy Darma,

      489 PCS OJK mirroring PCPM BI dengan demikian kami tidak dapat memilih penempatan sesuai tempat tinggal. Penempatan dibidan apapun dan dimanapun harus siap, termasuk hingga Papua, Kupang, Jakarta etc.

      • Kira2 kalo dari sekolah kesehatan spt kebidanan gitu ada peluang gag mbak bisa diterima bekerja di ojk? Soalnya kan diminta dari D3 semua jurusan tuh… Dan kebetulan ada teman saya lulus seleksi administrasi dan hari sabtu nanti akan melaksanakan ujian psikotes tahap 1.

  2. Mbak Ratih, mau nanya lagi nih 🙂
    apakah “surat lolos butuh” itu bisa ditunda pengumpulannya? waktu rekruitmen mbak dulu apakah ada jeda waktu cukup panjang antara Pengumuman diterima OJK dengan Waktu pemberkasan?

    • Halo Romi,
      Surat lolos butuh adalah surat rekomendasi/ keterangan dari perusahaan/ kantor lama yang menerangkan bahwa benar kita pernah bekerja dan telah menyelesaikan kontrak kerja.
      Pengalaman PCS 1, SDM OJK memberi penambahan waktu sekitar 2 minggu dari jadwal mengingat pada saat itu cut off pegawai tidak mungkin sesuai dengan jadwal dari OJK.
      Intinya, surat tersebut dikumpulkan saat pemberkasaan pada saat telah dinyatakan diterima. Masih ada waktu untuk resign setelah pengumuman, jadi gak perlu resign dulu sebelum pasti diterima OJK.

      Good luck semoga dimudahkan ya prosesnya.

  3. Hai mbak ratih, mau nanya2 lebih detail dong mbak mengenai pemberkasan.. sebab saya ada sedikit masalah hhu
    Kalau diperbolehkan, bisa minta alamat email nya mbak ratih?
    Biar ngobrol nya lebih enak
    Terima kasih mbak 🙂

  4. Maaf mbak mau brtanya.berdasarkan pengalaman mbak,untuk seragam pada saat training awal apakah harus atasan putih,bawah hitam dan sepatu hitam?.

    • halo selamat ya sudah diterima di OJK. Untuk seragam etc akan ditentukan oleh peraturan SDM. Pada program saya, iya memang memakai atasan putih, bawahan rok hitam dan jilbab/ scraf nuansa merah serta sepatu hitam berhak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s