Makroprudensial: Kebijakan Ganda Pemerintah dan Bank Indonesia

Picture 6

Bloomberg Tv Indonesia, 21 November 2014

Pemerintah Indonesia barusaja menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kemudian diikuti kebijakan kenaikan BI rate oleh Bank Indonesia. BI Rate menjadi 7,75% merupakan kebijakan yang tidak populer namun menurut BI, itu harus tetap dilakukan guna menekan inflasi. Apabila tidak dapat menjaga current defisit maka BI dianggap tidak pruden (berprinsip kehati-hati2an).

Dalam pencapaian makroekonomi yang stabil, ada beberapa komponen yaitu: APBN sehat, Perbankan sehat, Hutang sehat, Inflasi kecil, dan NP sehat. Untuk harmonisasi tersebut, diperlukan berimbangnya kebijakan antara pemerintah dan lembaga-lembaga negara yang dimaksud. Terkait dengan kenaikan BI rate, BI menilai bahwa kebijakan ini dapat menekan angka inflasi. Saat inflasi dapat ditekan, daya beli masyarakat dapat terjaga. Dari gambar cuplikan grafrik diatas, terlihat bahwa beberapa kali Indonesia mengalami kenaikan harga bbm, tetap saja angka kredit pun tinggi. Artinya, pertumbuhan kredit masih menjadi salah solusi penggerak bagi pertumbuhan ekonomi padahal secara logika, apabila BI rate naik maka pertumbuhan kredit akan terhambat. Pertumbuhan kredit harus diimbangi dengan kemampuan bank dalam funding dan deposit.

Nampaknya industri manufaktur Indonesia tetap berjalan normal melalui kredit dari bank. NPI memperlihatkan bahwa Indonesia masih sangat bergantung dengan ekspor komiditas. Bank Indonesia menargetkan inflasi mencapai 4,5%+_ 1% pada Desember, 2015 nanti. Well mari kita lihat! “Karena hanya dengan inflasi rendah maka Indonesia dapat bersaing dengan Malaysia, Thailand di Asia Tenggara”. 

Keywords: BI Rate, Makroekonomi, Inflasi, NP, GWM, LDR, funding bank

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s