Negosiator RI Sektor Jasa Keuangan: jangan lelah mengejar ketertinggalan

OJK_kemlu
Ibu Menlu Retno Marsudi, Kemlu, Januari 2015 #alumni#HI#UGM

Hi Bil,

ALhamdulillah setelah resmi diangkat menjadi pegawai tetap, tante sudah harus melaksanakan amanah lebih berat. Hasil keputusan SDM, penempatan tante tetap di Manajemen Strategis I, which is dibawah pak Ketua OJK langsung dan apa yang departemen tante lakukan harus persetujuan dan melapor kepada beliau. It is not easy. Baru tiga minggu tante dibawah analis senior untuk perundingan bilateral dan regional.

Dalam bidang ini, tante harus banyak belajar bagaimana menyusun posisi RI di tingkat internasional baik regional dan bilateral. RI turut aktif dalam kerjasama internasional, salah satunya ASEAN. Oh Damn! ternyata banyak sekali forum internasional di tingkat ASEAN. Beruntung para senior memfokuskan pekerjaan dengan target-target apa yang harus dicapai. Senang dapat ikut menjadi bagian dalam peran Pasca Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025, fokus pada sektor perbankan dan jasa keuangan. Meskipun ada tugas tambahan: mendampingi lembaga internasional yang masuk ke OJK misal IFSB dan IDB (ini karena tante punya passion pada keuangan syariah, alhamdulillah).

Well, kini tante mulai dapat mapping pekerjaan: perundingan di ASEAN, Bilateral dan juga isu-isu yang harus segera di catch up. ALhamdulillah tante memiliki mentor informal dari KAGAMA terutama perbankan (pak Joko, pak Boyke, pak Deden, mbak Dian, mas Dedi, mbak Risa, pak Eko) mereka sangat helpfull dalam membimbing tante belajar.
Picture 5

TIDAK SELALU MENJADI PEMAIN BARU. Oke sip masih 3 minggu sejak diangkat namun bukan berarti label anak baru akan tetap selalu melekat. KERJA TENANG. PELAJARI secara mandiri. KONSULTASI kepada senior. Intinya, jangan lelah mengejar ketertinggalan. Masih teringat kenangan dengan eyangti Bil saat tante kelas tiga SD, belum bisa bahasa inggris, pelan-pelan mari dikejar. Sebelum rapat di kementrian lain, dibaca dulu bahannya. Sebelum rapat internal dengan direktorat lain, dibaca dulu bahannya, ditanyakan kepada senior mumpung ada kesempatan bertemu. Bismillah.
ojk4

Ya Allah, lindungi kami dalam perjalanan menuju dan dari kantor untuk bekerja. Bismillah.

ojk1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s